Jumat, 31 Januari 2014

Cara Merubah/Edit Tampilan Background BBM Android

ini-gadgetku on Cara Merubah/Edit Tampilan Background BBM Android - Sudah beberapa hari ini saya tidak share artikel kepada kalian karena kondisi cuaca sekarang yang sering turun hujan menyebabkan banjir dimana-mana. artikel hari ini saya akan memberikan sedikit tutorial kepada kalian yang mungkin sudah bosen atau merasa kurang menarik dengan tampilan dari BBM di perangkat kalian.

Tutorial ini kita akan melakukan perubahan pada aplikasi BBM yang akan kita install di android. pasti kita semua yang sudah mencoba BBM di android sudah mengetahui BBM memiliki background berwarna putih saja. bagi kalian yang senang sekali dengan namanya BBM, pasti tidak akan jauh dari aplikasi messenger tersebut dan lama-lama pasti kalian akan bosen dengan tampilan putih itu saja. nah, bagaimana caranya merubah atau mengedit tampilan background BBM di android?

Cara Merubah/Edit Tampilan Background BBM Android

Sebelum itu, kalian yang sudah install BBM di android harus melakukan uninstall BBM tersebut terlebih dahulu untuk merubah background BBM. karena BBM yang sudah di install tidak dapat dilakukan perubahan. oleh karena itu, apabila kalian ingin merubah tampilan backgorund BBM harus melakukan backup semua kontak yang kalian miliki serta kalian harus ingat USERNAME dan PASSWORD akun BBM kalian. karena BBM modif ini akan meminta kalian untuk melakukan registrasi apabila kalian lupa atau belum memiliki akun. jika kalian tidak mau terjadi sesuatu pada BBM kalian, lebih baik tidak perlu diganti. berikut beberapa komponen dan peralatan yang dibutuhkan selama proses berlangsung.
1. Sebuah perangkat smartphone yang sudah bisa melakukan install BBM.

2. BBM modif, kalian unduh disini.

3. Apk editor, kalian unduh disini.

4. Jika kalian ingin merubah background BBM melalui komputer, siapkan komputer dengan aplikasi winrar yang sudah terdapat di dalamnya.

5. Tiga buah gambar dengan format .PNG yang sudah kalian siapkan (usahakan ukuran gambar yang kalian siapkan sesuai dengan resolusi dari perangkat android yang ingin kalian install BBM atau kurang. ukuran gambar jangan sampai lebih dari resolusi layar android kalian) serta ganti nama file gambar kalian dengan nama back_chat.png, back_main.png, back_slide.png.

Jika semua komponen dan peralatan diatas sudah kalian siapkan, berikut tutorial cara merubah/edit tampilan background BBM android. kalian dapat memilih salah satu daru kedua cara dibawah ini.
1. Menggunakan smartphone.
1.1. Kalian unduh BBM modif dan juga apk editor diatas kemudian pindahkan ke SDcard dan lakukan instalasi apk editor tersebut.

1.2. Jalankan apk editor, kemudian cari dan pilih aplikasi BBM modif.

1.3. Selanjutnya kalian akan melihat 4 buah folder, ada assets, lib, meta-inf, dan res. kalian pilih folder "res" kemudian pilih folder "drawable".

1.4. Di dalam folder drawable kalian cari file dengan nama "back_chat.png", "back_main.png", dan "back_slide.png". file-file .png tersebut merupakan file yang akan kita ganti dengan file gambar yang kita inginkan. jangan lupa ganti nama file gambar milik kalian sesuai dengan ketiga nama diatas.

1.5. Pilih file gambar .png diatas, kalian tekan dan tahan satu-satu file tersebut dan ganti dengan gambar yang kalian inginkan. biasanya saat kalian menekan dan menahan, akan keluar sebuah menu. pilih "replace" untuk mengganti file gambar tersebut, lalu cari file gambar dengan ekstensi .png yang sudah kalian siapkan. biasanya proses penggantian/replace file gambar ini berlangsung selama 2 menit, jadi kalian tunggu sampai prosesnya selesai.

1.6. Jika sudah di replace, masih di apk editor kalian keluar dari folder-folder tersebut sampai terdpat aplikasi BBM modif. nah, disini kalian tekan dan tahan BBM modif tersebut, maka akan muncul menu. kalian pilih "optimize & sign" lalu tunggu kira-kira 2 menit. jika prosesnya sudah selesai, kalian akan melihat file "apk.bak" itu adalah file yang sudah di optimasi. namun, biarkan saja file tersebut lalu kalian install aplikasi BBM modif tersebut (bukan apk.bak).

1.7. Apabila BBM modif sudah berhasil di install dan dibuka pada perangkat kalian, sign in sesuai dengan username dan password yang sudah kalian simpan sebelumnya.

1.8. Selesai sudah cara merubah atau edit tampilan background BBM android.

2. Menggunakan komputer
2.1. Kalian unduh BBM modif diatas, kemudian buka aplikasi dengan menggunakan winrar. cara membukanya yaitu klik kanan pada BBM modif => open => pilih select a program from a list of installed program. lalu klik ok.

2.2. Akan muncul list program-program komputer yang dapat digunakan, disini kalian harus memilih winrar. apabila tidak ada di list, pilih browse untuk mencari aplikasi winrar.

2.3. Jika sudah, kalian pilih winrar, kemudian hilangkan ceklis "always use the selected program to open this kind of file" lalu klik ok.

2.4. Maka kalian akan masuk ke dalam aplikasi BBM modif, kalian cari folder "res => drawable". di dalam folder drawable akan ada 3 file, "back_chat.png", "back_main.png", dan "back_slide.png". sama seperti cara pertama, kalian ganti dengan file gambar milik kalian dengan melakukan drag and drop ke dalam winrar tersebut. akan ada peringatan, kalian klik ok/yes.

2.5. Apabila sudah kalian masukkan ketiga file gambar milik kalian dan sudah terganti, tutup winrar tersebut kemudian pindahkan aplikasi BBM modif ke SDcard. lakukan instalasi seperti biasa, sign in sesuai dengan username dan password yang sudah kalian simpan sebelumnya.

2.6. Selesai semua proses cara merubah tampilan BBM android.

Bagaimana? mudahkan caranya merubah tampilannya. kalian pasti bisa melakukannya. dengan begini kalian akan tidak mudah bosan dengan tampilan BBM yang hanya itu-itu saja. sekian artikel hari ini tentang Cara Merubah/Edit Tampilan Background BBM Android. semoga bisa bermanfaat dan berguna untuk kalian semua. terima kasih sudah berkunjung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar