Rabu, 26 November 2014

Cara Membuat Pemberitahuan Di Lock Screen Android

Cara Membuat Pemberitahuan Di Lock Screen Android - Hai semuanya pengunjung ini-gadgetku yang berbahagia, senang bertemu lagi dengan kalian. Kesempatan saat ini saya akan berbagi sedikit tips untuk kalian yang sekiranya akan berguna, tips ini yaitu bagaimana cara membuat semua pemberitahuan tampil di lock screen. Ini akan memungkinkan kita agar lebih mengetahui apakah ada sebuah pesan masuk atau pemberitahuan pada perangkat.

Cara Membuat Pemberitahuan Di Lock Screen Android
Tampilan pemberitahuan di lock screen android

Kalia pasti sudah mengetahui bukan yang namanya lock screen, itu tampilan dimana ada sebuah kunci dan apabila kunci tersebut di geser maka akan terbuka halaman home android, saya rasa kalian sudah mengetahuinya. Oleh karena itu, jika ingin membuat pemberitahuan di tampilan lock screen android, terlebih dahulu kalian aktifkan mode kunci layar pada android. Jika kalian bingung untuk mengaktifkan mode kunci layar di android, biasa pilih menu "setting" kemudian "lock screen".

Nah, setelah lock screen sudah kalian aktifkan akan kita mulai proses bagaimana cara membuat pesan2 masuk muncul di lock screen. Namun, kalian harus menyiapkan dan memahami syarat dibawah harus dipenuhi untuk membuatnya, seperti:

  • Android harus minimal versi 4.2, untuk yang dibawah versi 4.2 harus menggunakan aplikasi tambahan yaitu widgetlocker. Akan tetapi, aplikasi widgetlocker ini berlisensi dengan harus membayar sekian biaya.
  • Aplikasi NiLS, yang dapat kalian unduh via google playstore atau via mirror. Many thanks to Roymam.

Fungsi dari aplikasi NiLS ini adalah:

  • Menangani semua pemberitahuan yang tidak terjawab tetapi tidak terbatas pada panggilan tidak terjawab saja, SMS, Facebook, Gmail, dll juga akan muncul di lock screen.
  • Memungkinkan untuk mengakses pemberitahuan dari daftar.
  • Menghidupkan layar ketika pemberitahuan baru tiba (Opsional).
  • Menampilkan jam kecil dan besar dengan waktu dan tanggal di atas daftar pemberitahuan.
  • Memungkinkan menampilkan konten pemberitahuan penuh asli seperti yang muncul pada pemberitahuan bar.
  • Daftar pemberitahuan yang jelas saat perangkat terkunci (opsional).
  • Dan masih banyak lagi fungsinya.

Untuk kalian yang ingin mencoba, kita langsung menuju tahap penerapannya di android.
  • Seperti yang sudah saya berikan penjelasan diatas, lock screen pada android harus terlebih dahulu diaktifkan di perangkat.
  • Lock screen sudah aktif, selanjutnya install aplikasi NiLS yang sudah di unduh lalu masuk ke menu "setting/pengaturan" cari menu "aksebilitas/accesibility".
Cara Membuat Pemberitahuan Di Lock Screen Android
Tampilan untuk masuk ke opsi aksebilitas

  • Akan ada menu tambahan dibawah opsi talkback yaitu "NiLS Service" yang sudah di install sebelumnya. Tap opsi NiLS service tersebut, kemudian aktifkan.
Cara Membuat Pemberitahuan Di Lock Screen Android
Tampilan untuk memilih opsi NiLS service

Cara Membuat Pemberitahuan Di Lock Screen Android
Tampilan untuk mengaktifkan NiLS service

  • Jika muncul peringatan, kalian tap "ok" untuk menerima maka NiLS service akan dihidupkan.
Cara Membuat Pemberitahuan Di Lock Screen Android
Tampilan peringatan dari NiLS service

  • Lakukan penguncian pada lock screen android kalian dan tambahkan notification widget di lock screen.

Bagaimana? menarik bukan aplikasi yang satu ini. Jadi dengan adanya ini maka kalian lebih mudah dan dapat segera mengetahui pemberitahuan apa yang masuk ke perangkat kalian. Saya rasa cukup sekian artikel di kesempatan saat ini yang berjudul cara membuat pemberitahuan di lock screen android. Semoga bisa bermanfaat dan berguna untuk kalian semua. Terima kasih sudah berkunjung. See you at next post.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar