Kamis, 13 November 2014

Cara Meminimalisir Penggunaan RAM Di Android

Cara Meminimalisir Penggunaan RAM Di Android - Halo semua pengunjung ini-gadgetku, bagaimana kabarnya? semoga kalian baik-baik saja. Nah, pada kesempatan yang hangat ini saya akan sedikit berbagi tutorial, bukan tutorial sih bisa dibilang tips yaitu bagaimana cara meminimalisir penggunaan ram di android. Sebagaima yang sudah kita ketahui, kebanyakan dari kita pasti menjalankan lebih dari satu aplikasi.

Cara Meminimalisir Penggunaan RAM Di Android
Meminimalisir dan memaksimalkan penggunaan RAM di android

Dari sekian banyak aplikasi tersebut, memory yang tersedia akan menjadi sedikit yang nantinya kemungkinan akan membuat android akan menjadi lebih berat. Mungkin pengguna ponsel pintar sering mengeluh dengan kapasitas RAM yang terlalu sedikit sedangkan aplikasi yang ingin diunduh banyak sekali. Oleh karena itu, berikut berbagai macam cara tutorial Android agar dapat meminimalisir sampai melakukan optimisasi pada kapasitas RAM yang terbatas:

Cara Mengoptimisasi Kapasitas RAM Android dengan Menggunakan Aplikasi Khusus.
Ada aplikasi khusus yang bisa diunduh dan diinstal untuk meningkatkan RAM android:

  • Aplikasi Android Booster FREE: Aplikasi yang satu ini bisa dicari dan diunduh di Google Play Store secara gratis atau via mirror dan yang paling menarik adalah ponsel pintar tidak perlu di-root terlebih dahulu. Install saja aplikasinya dan gunakan untuk menutup aplikasi-aplikasi lain yang tidak diperlukan sehingga akan ada memori ekstra di android.
  • Aplikasi RAM Manager Free: Untuk menggunakan aplikasi ini ponsel harus di-root terlebih dahulu. Kalian yang ingin mencoba bisa unduh via Google Playstore atau via mirror. Inilah bedanya dari aplikasi Android Booster FREE yang bisa dipakai tanpa root. Untuk gadget android lain, aplikasi ini juga bisa digunakan seperti pada tablet. Berikut beberapa fitur yang ada dalam RAM Manager Free seperti:
    • Memory graph yang dapat memberikan informasi tentang memori Android.
    • Hard gaming digunakan untuk menstabilkan RAM ketika kalian menggunakan aplikasi game yang membutuhkan RAM tinggi.
    • Clean memory yang berfungsi membersihkan atau menghapus memori Android agar kapasitas RAM bertambah.
    • Balance sebagai fitur yang dapat digunakan setiap hari untuk optimasi RAM android agar berfungsi dengan baik.


Cara Meminimalisir Penggunaan Kapasitas RAM Android dengan Menghapus Aplikasi Live Wallpaper.
Cara tutorial android lain yang dapat digunakan untuk mengurangi pengguaan kapasitas RAM adalah dengan menghapus penggunaan live wallpaper pada gadget kalian. Live wallpaper memerlukan kapasitas RAM yang cukup besar. Oleh karena itu, menghapus live wallpaper diperlukan apabila ingin menambah memori RAM dan dengan cara tersebut maka aplikasi game dapat dimainkan secara maksimal dan tidak “lemot/lambat”.

Cara Menambah Kapasitas RAM Android dengan Mode Pesawat Terbang.
Saat kalian membutuhkan memori RAM yang besar pada android maka sebaiknya aktifkan mode pesawat terbang (airplane mode) untuk memutuskan jaringan data sekaligus menonaktifkan background service yang selalu menyala dan memerlukan RAM banyak.

Meningkatkan Kinerja RAM Android.
Setelah mengetahui tutorial android untuk mengurangi penggunaan RAM android berikut tutorial untuk meningkatkan kinerja RAM:
  • Langsung pindahkan aplikasi yang sudah diunduh ke memori eksternal/MicroSD.
  • Hapus aplikasi yang sekiranya kurang dibutuhkan.
  • Jangan lupa hapus atau nonaktifkan animasi android yang sedang berjalan.

Bagaimana dengan tips diatas, mudah bukan meminimalisir penggunaan memory ram android. Dengan begitu perangkat semakin maksimal kinerjanya. Demikian artikel di kesempatan kali ini tentang Cara Meminimalisir Penggunaan RAM Di Android. Semoga bisa bermanfaat dan berguna untuk kalian semua. Terima kasih sudah berkunjung. See you at next article.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar